Senin, 06 Januari 2020

Jangan Sampai Terluka, Ini 7 Panduan Menjaga Kaki Buat Pasien Diabetes



Saah satu yang paling dijauhi oleh pasien diabetes ialah cedera, khususnya di kaki. Masalahnya cedera pada pasien diabetes benar-benar susah sembuh. Serta, seringkali berbuntut pada amputasi anggota anggota badan. sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.

Tetapi permasalahannya, pasien diabetes benar-benar rawan alami cedera, khususnya di kaki. Ini sebab diabetes mengakibatkan kerusakan saraf pada kaki yang mengganggu saluran darah ke kaki. Oleh oleh karena itu, buat pasien diabetes, menjaga kaki sangat penting.

Dikutip dari Foot Health Facts, inilah 7 panduan menjaga kaki pada pasien diabetes.

1. Check kaki tiap hari
Tiap malam, yakinkan Kamu mengecek kaki adakah cedera, lecet, kemerahan, bengkak, atau kuku yang tumbuh ke. Check tiap sisi kaki, sampai telapak kaki. Bila perlu, pakai kaca pembesar untuk lihat sisi bawah kaki lebih jelas. Selekasnya hubungi dokter bila Kamu lihat ada cedera kecil sekalinya.

2. Membersihkan kaki tiap mandi
Harus jaga kaki masih bersih, sebab kotoran dapat juga jadi sumber infeksi. Pakai sabun yang lembut untuk bersihkan kaki setiap saat mandi. Janganlah lupa selekasnya keringkan dengan menepuk-nepuk handuk dibagian kaki yang basah.

3. Menjaga kaki masih lembap
Kulit kaki condong kering serta pecah-pecah. Kulit kering dapat menyebabkan gatal, yang bila digaruk dapat memunculkan cedera. Tetapi jauhi mengimplementasikan pelembap di antara jari kaki, sebab dapat menyebabkan infeksi jamur.

4. Potong kuku dengan berhati-hati
Memangkas kuku benar-benar beresiko buat pasien diabetes. Yang paling baik ialah memangkas lurus serta dihaluskan sisi pinggirnya. Jangan memangkas kuku begitu pendek, sebab ini bisa mengakibatkan kuku tumbuh ke.


5. Gunakan kaus kaki
Jangan sampai memakai sepatu tanpa ada kaus kaki. Kamu dapat juga memperhitungkan pemakaian kaus kaki yang dibikin spesial untuk pasien diabetes, yang punya bantalan tambahan serta dibuat dari serat yang mengawasinya masih kering serta tidak lembap.

6. Harus check sepatu
Setiap saat akan menggunakan sepatu, Kamu harus mengeceknya lebih dulu, khususnya dibagian dalam. Janganlah sampai ada kotoran atau kerikil yang dapat melukai kaki. Ingat, kaki pasien diabetes umumnya kehilangan sensitivitasnya karena matinya beberapa saraf, hingga Kamu kemungkinan tidak bisa rasakan kerikil atau benda asing yang lain di sepatu.

7. Jauhi berjalan tanpa ada alas kaki
Serta di rumah sekalinya, upayakan selalu untuk gunakan sepatu atau sandal untuk menghindarkan cedera karena terinjak suatu hal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar