Senin, 09 Desember 2019

Kenapa harus gunakan APD



Sudah pernahkah kamu membantu korban kecelakaan atau menolong rekan kamu yang sedang sakit ? bila pernah, bagaimana kondisi kamu waktu membantu beberapa orang itu, apa kamu membantu dengan tangan yang kosong atau tanpa ada alat membantu serta alat pelindung diri ? sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.

bila iya, tahukah kamu jika tindakaan itu bisa membahayakan diri kamu sendiri ? tentu saja hal itu tidakklah memberikan keuntungan. Sebab, waktu kita membantu orang nyatanya dengan menolong orang itu justru membuat kita tertular penyakit yang sama. Lalu apa yang sebaiknya kita kerjakan sebelum kita bisa membantu orang? Tahukah kamu jika tiap cairan yang keluar dari anggota badan si pasien bisa dipandang beresiko, Sebab bisa menularkan penyakit pada badan kita sendiri.

Bila hal itu berlangsung, tentu saja hal itu benar-benar bikin rugi kita jadi penolong. Lalu cairan apa yang dipandang bisa menularkan satu penyakit, Cairan yang ada pada badan kita diantaranya ialah cairan darah, diluar itu di pada tubuh masih ada beberapa cairan seperti keringat, air liur serta beberapa cairan yang lain yang ada di dalam badan.

Sebelum kita bertindak pertolongan, seharusnya kita mengecek terlebih dulu apa yang perlu kita buat persiapan dalam soal materi, seperti beberapa alat untuk menolong kita dalam bertindak pertolongan, seperti dalam kotak P3K. kotak P3K adalah alat yang perlu dipunyai tiap orang, baik itu di mobil, tas serta tentu saja di rumah kita sendiri.

Kotak P3K jadi perlengkapan yang penting yang perlu kita punya. Sebab kita tidak paham apa yang akan terajadi pada tiap detik mendatang, kita tidak paham musibah apa yang akan kita mengmelawan. Oleh karena itu, karena itu kotak P3K jadi penting keberadaanya. Dalam kotak P3K harus ada kapas, cairan anti septik ( yang berperan untuk bersihkan cedera dari bakteri), betadine, kasa steril, plester, gunting, pembalut cedera dan sebagainya.

Di kotak itu harus juga diperlengkapi dengan beberapa alat pelindung diri atau yang seringkali di ucap dengan APD. Alat perlindungan diri ini berperan membuat perlindungan diri dari beberapa benda atau cairan yang ada di badan korban yang dipandang akan bikin rugi buat kita jadi penolong bila terserang benda atau cairan itu. Lalu apa yang perlu kita pakai waktu akan bertindak pertolongan, salah satunya :

kaca mata pelindung yang akan membuat perlindungan mata dari cipratan darah atau cairan yang lain.
Sarung tangan/ lateks yang akan membuat perlindungan sisi tangan supaya tidak terkait langsung dengan anggota badan korban.
Masker penolong yang berperan membuat perlindungan sisi hidung serta mulut.
Helm penolong
Nah, itu yang perlu kita punya jadi penolong sebelum membantu. Alat pelindung diri ini bukan sekedar diperlukan dalam membantu korban saja, namun dalam tiap apa yang akan kita kerjakan. Seperti disekolah, bila kita akan lakukan pekerjaan praktikum seperti eksperimen mereaksikan satu zat, membedah binatang atau praktik yang lain yang dipandang beresiko kita harus menggunaka alat perlindungan diri yang akan membuat perlindungan kita dari beberapa bahaya yang akan berlangsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar